Mengenai Saya

Foto saya
palabuhanratu, sukabumi/jawa-barat, Indonesia
menyajikan apa yang terjadi dengan aktual dan cepat

PEDULI PALABUHANRATU

form action="http://seputarpalabuhanratu.blogspot.com/search" method="get">

Jumat, 21 Mei 2010

Pamali Tuntut Tutup Penambangan Batu di Cikembang



Puluhan warga Desa Pasirbaru, Kec. Cisolok yang tergabung dalam Paguyuban Masyarakat Asih Lingkungan (Pamali), melakukan aksi unjuk rasa dengan mendatangi lokasi penambangan batu bolder dan batu andesit di Gunung Bongkok, Blok Cikembang, Ds. Pasirbaru, Jumat (21/5).

Mereka menuntut PT Blastindo Mitra Mandiri (BMM), selaku perusahaan yang melakukan eksploitasi batu, supaya lokasi penambangannya ditutup. Pasalnya, penambangan batu itu dinilai lebih banyak dampak negatif kerusakan lingkungannya, ketimbang segi manfaatnya untuk masyarakat.

“Dengan pertimbangan itulah, kami menuntut supaya lokasi penambangan ini ditutup,” ungkap koordinator aksi warga Ds. Pasirbaru, Suherman kepada wartawan di lokasi penambangan batu di Gunung Bongkok, Blok Cikembang, Ds Pasirbaru, Cisolok, Jumat (21/5).

Ia menyebutkan, dampak negatif lingkungan tersebut, di antaranya suara ledakan dari penggunaan bahan peledak dalam proses pengambilan batu, telah mengganggu kenyamanan warga. Pihak Desa Pasirbaru dan PT BMM sebelumnya sempat menyosialisasikan kepada masyarakat, bahwa suara ledakannya tidak akan terdengar hingga radius 1 km dari lokasi penambangan.

Dampak lainnya, lanjut dia, pesawahan milik warga yang dekat dengan lokasi penambangan mengalami kerusakan akibat tertimbun longsoran batu kerikil dan pasir dari aktivitas penambangan batu. Namun demikian, pihak desa dan pengusaha sebelumnya sudah berjanji akan mengantisipasinya dengan memberikan uang kompensasi.

Untuk sawah yang dekat dengan lokasi penambangan akan diberikan kompensasi perorang Rp 1,5 juta. Sedangkan sawah yang agak jauh Rp 1 juta. “Tapi janji pemberian kompensasi itu, hingga saat ini belum terealisasi juga. Dan saya pesimis janji itu bisa terpenuhi,” tuturnya.

Ketika dikonfirmasi di lokasi penambangan, Manager Operasional PT Blastindo Mitra Mandiri, Hendi Saputra mengatakan, mengingat perusahaannya hanya sebagai pelaksana sehingga tidak bisa memutuskan dihentikan tidaknya aktivitas penambangan tersebut. Yang berwenang memberikan keputusan, yakni pihak Desa Pasirbaru yang memberikan perizinan termasuk pemilik aset Gunung Bongkok. “Jadi kita tidak bisa memutuskan atau menyimpulkan dihentikan tidaknya aktivitas penambangan ini,” kata Hendi.(blog)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar